9 Juli 2010

Cara membuat Simple TEXTarea di blog/post

Sekian lama aku mencari cara untuk membuat kode HTML dalam post agar bisa ditampilkan dalam kotak (dulu aku belum tau kalau kotak yang selama ini aku cari, namanya "TEXTarea" maklum lah, masih tingkat beginner) hehee.. Tapi aku tidak pernah lelah untuk mencari tau. Di Searh Engine GOOGLE aku cari-cari dengan keyword "membuat HTML dalam post ditampilkan dalam kotak" terus ada tuh keyword yang sesuai. Eh, ternyata kotak tersebut bukan kotak yang aku maksudkan [TEXTarea] malah lebih membingungkan. Hmm.. Terus aku coba lagi dengan keyword "cara membingkai kode HTML dalam postingan" bukan juga (tapi lumayan lah, jadi tau caranya Membingkai teks dalam post, hehee) nanti deh aku poskan. Terus aku coba keyword "cara menampilkan kode HTML dalam postingan" masih bukan juga. Huft, hampir nyerah aku jadinya.. Tapi, inilah yang dinamakan dengan "berakit-rakit kehulu, berenang-renang kedinginan" hehee.. Nggak sengaja aku temukan judul "cara membuat TEXTarea dalam post" (begitulah kira-kira) soalnya aku lupa, karena saking banyaknya keyword yang aku coba. Selintas aku berpikir, "apa text area itu kotak yang aku maksudkan?" aku sedikit ragu, tapi apa salahnya kalo aku coba?! Tanpa banyak berpikir, aku langsung mencoba trik tersebut dalam post baru yang aku beri judul "TEST".. Lalu aku coba cek di blog, ternyata! Inilah yang selama ini aku cari-cari.. Fuuh, lega rasanya ketika mendapatkan sesuatu yang sudah lama kita harapkan, apalagi hasil kerja keras sendiri.. Bener ga? Nah, sebagai rasa syukur, akan aku bagikan Trik ini pada kamu yang belum tau caranya membuat TEXTarea.

Berikut ini adalah contoh dari TEXTarea dan kodenya langsung aku pasang didalamnya.


Jadi kamu tinggal copy saja kodenya.

Gimana, gampang kan? Nantikan juga TEXTarea lainnya yang lebih fantastik pada post yang akan datang.

Sebagai penjelasan, aku kasih tau beberapa format yang bisa kamu ubah-sesuaikan. Baca NOTES dibawah ini.

NOTE:
* format yang dapat kamu ubah seperti ALIGN: untuk mengatur tata letak TEXTarea, ROWS: untuk mengatur ukuran kotak TEXTarea (rows="1" kira-kira sebesar kotak Search Engine yang ada di Sudut kanan-atas Morzila FireFox, mungkin lebih kecil), COLS: untuk mengatur lebar TEXTarea.

Semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar: