12 Juli 2010

Cara memasang Confirm alert di blog

Sebelum kita masuk ke topik, aku beri dulu sedikit penjelasan tentang apa itu Confirm alert. Confirm alert adalah sebuah javascript yang berisi sebuah pesan konfirmasi/perintah, dimana fungsi dari pesan konfirmasi/perintah tersebut untuk memberikan sebuah peringatan/permintaan pada sang visitor sebelum mendarat di halaman blog yang bersangkutan.


Namun kebanyakan para Blogger itu suka iseng, Confirm alert pun digunakan untuk "heureuy" seperti contoh Confirm alert berikut "hati-hati..! Blog ini bisa meledakkan komputer anda..!" (darimana asalanya blog bisa nge-bomb komputer?) hehee..

KEMBALI KE LAPTOP!

Pernahkah kamu mengunjungi sebuah blog dan sebelum kamu didaratkan di halaman blog, blog tersebut terlebih dahulu menampilkan pesan konfirmasi, seperti "blog ini mengandung konten dewasa. Tetap lanjutkan?" kalau memilih OK, maka kamu akan diteruskan untuk masuk ke halaman blog tersebut. Tapi kalau memilih CANCEL, kamu akan dialihkan ke halaman blog lain yang lebih aman, dan sudah diatur sebelumnya (pesan tersebut adalah contoh Corfirm alert untuk peringatan). Dan atau Confirm alert yang berisi perintah untuk memasukan nama terlebih dahulu sebelum bisa mendarat di halaman blog, seperti "bisakah kamu memasukkan nama terlebih dahulu sebelum masuk ke halaman blog ini?" lalu dibawah pesan tersebut terdapat field untuk mengetikkan nama, plus button OK/CANCEL.

Tertarik untuk memasangnya di blog? (sebelumnya baca dulu Catatan! di bawah). Okeh, lebih cepat lebih baik.. Langkah-langkah untuk memasang Confirm alert adalah sebagai berikut:




1. Login dulu ke Blogger, klik DasborRancangan → pada Elemen Halaman klik Tambah Gadget → pilih HTML/javascript




2. Kemudian masukkan kode ini di field HTML (judul kosongkan saja)


KODE UNTUK PESAN KONFIRMASI

<script type="text/javascript">
confirm("Sambungan ini tidak aman. Tetap lanjutkan?");
if (confirm("Dengan mengkonfirmasi ini berarti anda berani menanggung segala resiko. Konfirmasi?"))
{window.location="http://www.jurig-internet.co.cc"}
else {window.location="http://jurig-internet.blogspot.com"} </script>



KODE UNTUK PERINTAH

<script type="text/javascript">
var yourname=prompt("Silahkan masukkan nama sebelum melanjutkan","guest") </script>



Catatan!
* coba pikirkan sebelum bertindak.. Gadget ini akan membuat visitor blog kamu perlu menekan ENTER/OK setiap kali akan masuk ke halaman baru. Dan apakah tidak merepotkan visitor? Kamu tidak takut visitor kapok mengunjungi blog-mu karena kerepotan? (itulah alasan kenapa tidak aku pasang di blog ini). Tapi kalau kamu sudah optimis bahwa gadget ini tidak akan membuat kapok visitor setia blogmu, pasang sekarang juga! (lumayan buat variasi) hehee..
* teks yang dicetak tebal dan URL bisa kamu ubah sesuai keinginan. http://www.jurig-internet.co.cc adalah URL untuk melanjutkan, http://jurig-internet.blogspot.com adalah URL untuk pengalihan.


Tunggu edisi berikutnya!

Tidak ada komentar: